Silahkan klik gambar untuk melihat Profil Dapodik SD N 1 Ngringin
Sebagai bentuk komitmen mewujudkan visi tersebut, ditetapkan misi berikut:
A. Misi dalam Membangun Karakter TERDEPAN:
Menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan pendekatan saintifik dan berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif).
Menumbuhkan lingkungan yang edukatif dan inspiratif melalui pengembangan budaya baca, pemanfaatan teknologi, dan praktik pembelajaran yang memanusiakan hubungan.
Memperkuat karakter religius melalui integrasi nilai-nilai keagamaan dalam semua mata pelajaran, pembiasaan ibadah, serta pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Menegakkan budaya disiplin positif yang bertujuan pada pembentukan tanggung jawab, konsistensi, dan manajemen waktu, bukan sekadar hukuman.
Mengembangkan sikap empati dan kepedulian sosial melalui program bina kelas, peer counseling, dan kegiatan sosial yang melibatkan seluruh warga sekolah.
Mendorong dan memfasilitasi pencapaian prestasi di segala bidang (akademik, non-akademik, seni, dan olahraga) sesuai bakat dan minat siswa.
Membentuk pribadi yang aktif dan proaktif dengan menyediakan wadah untuk berorganisasi, berdebat, dan menyampaikan pendapat secara konstruktif.
Memperkuat jiwa nasionalis melalui penghayatan dan pengamalan Pancasila, pembiasaan upacara bendera, serta apresiasi terhadap keanekaragaman budaya bangsa.
B. Misi dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan:
1. Mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.
2. Menerapkan budaya hijau dan bersih di lingkungan sekolah melalui program pengelolaan sampah (reduce, reuse, recycle), penghijauan, dan konservasi energi serta air.
3. Mengadakan proyek dan aksi lingkungan rutin seperti penanaman pohon, bersih-bersih lingkungan, dan kampanye peduli lingkungan kepada masyarakat.
C. Misi dalam Memberi Kontribusi Nyata bagi Masyarakat:
1. Mendorong pelaksanaan pembelajaran berbasis komunitas (service-learning) di mana siswa mengidentifikasi masalah di masyarakat dan menawarkan solusi nyata.
2. Mengadakan program keterlibatan sosial secara berkala, seperti bakti sosial, pengabdian kepada masyarakat, dan berbagi dengan yang membutuhkan.
Membuka dan memberdayakan potensi sekolah sebagai pusat pembelajaran dan sumber daya bagi masyarakat sekitar (contoh: perpustakaan terbuka, pelatihan keterampilan, atau pusat kegiatan pemuda).
Sebagai bentuk komitmen mewujudkan visi tersebut, ditetapkan misi berikut:
A. Misi dalam Membangun Karakter TERDEPAN:
Menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan pendekatan saintifik dan berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif).
Menumbuhkan lingkungan yang edukatif dan inspiratif melalui pengembangan budaya baca, pemanfaatan teknologi, dan praktik pembelajaran yang memanusiakan hubungan.
Memperkuat karakter religius melalui integrasi nilai-nilai keagamaan dalam semua mata pelajaran, pembiasaan ibadah, serta pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Menegakkan budaya disiplin positif yang bertujuan pada pembentukan tanggung jawab, konsistensi, dan manajemen waktu, bukan sekadar hukuman.
Mengembangkan sikap empati dan kepedulian sosial melalui program bina kelas, peer counseling, dan kegiatan sosial yang melibatkan seluruh warga sekolah.
Mendorong dan memfasilitasi pencapaian prestasi di segala bidang (akademik, non-akademik, seni, dan olahraga) sesuai bakat dan minat siswa.
Membentuk pribadi yang aktif dan proaktif dengan menyediakan wadah untuk berorganisasi, berdebat, dan menyampaikan pendapat secara konstruktif.
Memperkuat jiwa nasionalis melalui penghayatan dan pengamalan Pancasila, pembiasaan upacara bendera, serta apresiasi terhadap keanekaragaman budaya bangsa.
B. Misi dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan:
1. Mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.
2. Menerapkan budaya hijau dan bersih di lingkungan sekolah melalui program pengelolaan sampah (reduce, reuse, recycle), penghijauan, dan konservasi energi serta air.
3. Mengadakan proyek dan aksi lingkungan rutin seperti penanaman pohon, bersih-bersih lingkungan, dan kampanye peduli lingkungan kepada masyarakat.
C. Misi dalam Memberi Kontribusi Nyata bagi Masyarakat:
1. Mendorong pelaksanaan pembelajaran berbasis komunitas (service-learning) di mana siswa mengidentifikasi masalah di masyarakat dan menawarkan solusi nyata.
2. Mengadakan program keterlibatan sosial secara berkala, seperti bakti sosial, pengabdian kepada masyarakat, dan berbagi dengan yang membutuhkan.
Membuka dan memberdayakan potensi sekolah sebagai pusat pembelajaran dan sumber daya bagi masyarakat sekitar (contoh: perpustakaan terbuka, pelatihan keterampilan, atau pusat kegiatan pemuda).